Sambutan Ketua Jurusan

Setiap orang pasti merencanakan sesuatu di dalam hidupnya, tidak peduli apakah dia seorang sarjana atau tidak. Namun demikian tentu saja kompleksitas dari masing-masing kegiatan perencanaan tidaklah sama sehingga tidak semua orang dapat merencanakan segala hal apalagi memenuhi kaidah-kaidah perencanaan tertentu. Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (DPWK) Universitas Diponegoro yang telah berdiri sejak tahun 1992 adalah lembaga pendidikan yang bertujuan mencetak sarjana atau para perencana profesional khususnya dalam bidang perencanaan pembangunan (development planning) dan perencanaan tata ruang (spatial planning). Sebagai salah satu sekolah perencanaan tertua di Indonesia yang telah berakreditasi A, DPWK Undip hingga kini telah mencetak banyak sarjana baik pada derajat kompetensi diploma dan sarjana (S1, S2 dan bahkan S3). Mereka telah mengisi berbagai lapangan kerja di berbagai sektor.

Dalam rangka memastikan lulusan DPWK Undip dapat terus berperan penting di tengah-tengah dinamika masyarakat yang terus berkembang baik di tingkat lokal, nasional dan internasional, DPWK Undip dengan visi ”tahun 2020 adalah sekolah perencanaan bereputasi internasional” berkomitmen tinggi untuk terus membuka diri terhadap berbagai perubahan dan dinamika yang ada. Dengan semakin banyak tenaga pengajarnya yang bergelar Doktor, maka tentu saja harapan tersebut akan semakin mudah untuk diwujudkan.

Melalui situs DPWK Undip ini diharapkan masyarakat luas akan dapat mengikuti berbagai perkembangan yang sedang dan yang akan dilakukan di DPWK Undip. Tentu saja saran dan kritik yang membangun demi majunya sekolah perencanaan yang sedang terus kami kembangkan ini sangatlah kami apresiasi.

Ketua Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota
Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Dr. Ir. Hadi Wahyono, MA