Profil Jurusan

pwk5Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Undip secara resmi berdiri pada tahun 1992 yang ditandai dengan diterbitkannya SK Dirjen Dikti Nomor 43/DIKTI/KEP/1992 tanggal 18 Maret 1992. Pada saat itu, Jurusan PWK Undip merupakan Jurusan PWK yang kedua setelah ITB di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Program Studi ini kemudian berkembang menjadi Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota pada tahun 1999, dengan SK Dirjen Dikti Nomor 79/DIKTI/KEP/1999. Tahun 2008 Jurusan PWK Undip telah memperoleh Akreditasi A berdasarkan keputusan BAN PT No. 033/BAN-PT/Ak-X/S1/I/2008. Saat ini pada usianya yang telah 20 tahun tentunya Jurusan PWK Undip telah semakin kuat dan siap untuk berkiprah di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencetak para sarjana perencanaan wilayah dan kota yang unggul dan berdaya saing.

Ketika dibuka pada tahun 1992, Jurusan PWK Undip hanya menerima 30 mahasiswa (angkatan pertama). Pada tahun ajaran 2011 (angkatan terakhir) Jurusan PWK Undip telah menerima mahasiswa 1982 orang. Tahun 2011 Jurusan PWK Undip memiliki total mahasiswa aktif (student body) 543 mahasiswa. Bila dengan jumlah dosen (43 orang), maka rasio dosen dan mahasiswa adalah sebesar 1:13. Akan tetapi, karena beberapa dosen (18 orang) sedang menempuh pendidikan doktoral sehingga rasionya menjadi 1:20. Hingga 2011 Jurusan PWK telah meluluskan 1.138 orang, dengan rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lima tahun terakhir 3,28 dan lama studi (kelulusan) mahasiswa adalah 4 tahun 5 bulan. Dengan rata-rata masa tunggu untuk bekerja 3,6 bulan, para alumni ini telah bekerja di berbagai sektor, baik sektor public, swasta dan juga organisasi-organisasi non pemerintah baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dengan berbagai kemajuan yang telah dicapainya, Jurusan PWK Undip menetapkan visinya bahwa “Pada tahun 2020, Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Undip adalah Sekolah Perencanaan yang Bereputasi Internasional” dengan Misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan perencanaan berkualitas internasional dengan mengembangkan tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil (good university governance).
  2. Menghasilkan lulusan yang unggul berdaya saing global di bidang perencanaan dengan meningkatkan mutu pendidikan dan relevansi keilmuan (link and match).
  3. Melaksanakan penelitian dan menghasilkan ilmu pengetahuan berkelas internasional dalam bidang perencanaan dengan menciptakan lingkungan, sarana dan prasarana penunjang yang memadai.
  4. Memberikan sumbangsih keilmuan dan pengabdian kepada masyarakat pada bidang perencanaan dengan memperluas ruang lingkup jejaring kerjasama berskala internasional.

Hal ini dinilai cukup realistis. Bila ditinjau dari sisi tata pamong, Jurusan PWK Undip telah memiliki sistem tata pamong yang memungkinkan terlaksananya lima pilar sistem tata pamong yang baik (good university governance) yaitu kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil. Sistem tata pamong yang terus berkembang juga telah memungkinkan aktifitas kepemimpinan dapat berjalan efektif baik secara operasional, organisasi dan kepemimpinan publik. Kepemimpinan operasional tercermin dari adanya dokumen Rencana Strategis (Renstra) Jurusan PWK yang sistematis, jelas dan terukur yang ditinjau kembali (review) setiap 4 tahun sekali (satu periode kepengurusan pengelola Jurusan). Kepemimpinan organisasi yang efektif dapat dilihat dari adanya struktur organisasi, pembagian tugas pokok dan fungsi yang jelas, sedangkan kepemimpinan publik dapat dilihat dari banyaknya permintaan masyarakat kepada pengelola jurusan terutama ketua jurusan untuk menjadi nara sumber di dalam berbagai seminar, workshop, lokakarya yang terkait dengan kebijakan publik bidang perencanaan dan pembangunan wilayah dan kota.

Dari sisi SDM, perekrutan tenaga pengajar dan tenaga kependidikan dilakukan berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan dalam pedoman dan peraturan yang berlaku yaitu melalui serangkaian proses seleksi yang meliputi seleksi administrasi, tes tertulis, psikotes, dan tes wawancara. Setelah dinyatakan diterima, paling lambat dalam waktu 1 (satu) bulan sejak diterimanya keputusan pengangkatan sebagai CPNS, mereka segera ditempatkan sesuai dengan bidang keahlian dan bidang tugasnya masing-masing. Selanjutnya, untuk meningkatkan kinerja mereka, staf pengajar dan tenaga kependidikan terus dibina dengan mengirim atau mengikutsertakan staf pada kegiatan pendidikan dan/atau pelatihan, terutama bagi staf pengajar untuk melanjutkan studi ke Universitas di Luar Negeri. Meskipun demikian, untuk mengelola sumber daya manusia secara berkelanjutan, Jurusan PWK telah memiliki roadmap pengembangan SDM. Saat ini (2012) banyak dosen telah dikirim untuk menempuh pendidikan doktor terutama di luar negeri. Bila roadmap pengembangan SDM ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan pada tahun 2015, diharapkan lebih dari 60% dosen (25 orang) Jurusan PWK telah bergelar doktor.

Kegiatan monitoring dan evaluasi kinerja dosen Jurusan PWK telah berjalan secara teratur yang dilakukan dengan menggunakan berbagai instrumen. Mulai tahun 2009 (semester genap) telah diterapkan konsep Evaluasi Beban Kinerja Dosen (EBKD) yang dimonitor pada setiap semester dengan mengisi form (elektronik) yang sudah disediakan. Disamping itu, untuk memonitor kegiatan perkuliahan dan mengevaluasi dosen di dalam memberikan kuliah digunakan sistem evaluasi PBM secara online yang dapat diakses di http://evaluasi.undip.ac.id/. Adapun untuk melakukan monitoring kehadiran dosen pada hari kerja, setiap hari dosen berkewajiban melakukan presensi kehadiran dengan fingerprint.

Dari sisi kurikulum, Jurusan PWK Undip telah memiliki kurikulum yang dirancang dan dievaluasi setiap 5 tahun sekali menyesuaikan dengan kebutuhan pengembangan ilmu (dasar normatif), pemangku kepentingan (market needs), prinsip-prinsip keprofesian, benchmarking, dan studi lacakan. Untuk kurikulum baru 2012 PWK Undip bahkan melakukan Benchmarking Akademik ke University of Queensland Australia. Selanjutnya dijabarkan ke dalam silabus (GBPP, SAP, KP) yang dapat diaudit secara berkala. Adapun kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan berbagai strategi dan teknik pembelajaran yang dapat mendorong terlaksananya prinsip Student Centre Learning (SCL). Selanjutnya untuk meningkatkan reputasinya di tingkat international Jurusan PWK telah menginisiasi berbagai kerjasama akademik dengan sekolah-sekolah perencanaan lain baik di dalam maupun di luar negeri.

Untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap mutu pendidikannya, Jurusan PWK secara berkelanjutan melakukan pengawasan dan evaluasi penjaminan mutu melalui tiga jalur yaitu (a) melalui keterlibatan aktif dalam kegiatan ilmiah internasional termasuk proses pengajuan akreditasi internasional Asian University Network (AUN) (b) melalui BAN-PT (nasional), dan (c) melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Undip. Secara kelembagaan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) adalah ujung tombak untuk melaksanakan audit secara internal di tingkat program studi. GPM ini juga merupakan perpanjangan tangan dari Tim Penjaminan Mutu Fakultas (TPMF) yang bekerja untuk melaksanakan kebijakan penjaminan mutu universitas yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Undip. Untuk menjamin terlaksananya PBM secara konsisten GPM juga secara berkelanjutan mengembangkan dan meninjau kembali (review) berbagai Manual Prosedur (MP) dan Instruksi Kerja (IK) yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan akademik.

Untuk mendukung terwujudkan suasana akademik yang kondusif, Jurusan PWK telah memiliki berbagai fasilitas, sarana dan prasana fisik yang memadai seperti: gedung, ruang kuliah, laboratorium, perpustakaan, ruang studio, ruang seminar dan sarana penunjang lainnya seperti musholla, ruang himpunan mahasiswa, lapangan olah raga/Ruang Terbuka Hijau, sitting ground, dan juga area parkir. Adapun untuk mendukung terwujudnya tata pamong yang baik (good university governance), Jurusan PWK juga telah memiliki dan menggunakan berbagai sarana dan prasarana sistem informasi manajemen yang cukup memadai seperti:

  1. Sistem Informasi Akademik (SIA) yang dapat membantu tugas dosen untuk memonitor dan evaluasi kegiatan akademik mahasiswa (perkembangan mahasiswa perwalian: IPK, IP semester sebelumnya, SKS yang telah diambil dan akan diambil, Detail Info KRS/KHS, Status Keaktifan, dan Transkrip; peserta kuliah per mata kuliah, jadwal kuliah, ruang, daftar mata kuliah, evaluasi hasil studi mahasiswa (aktif/non/aktif/rawan DO), daftar waskat, dan sebagainya.  Sistem Informasi Akademik ini dapat diakses di (http://sia.ft.undip.ac.id/pwk/).
  2. Sistem monitoring perkuliahan dan evaluasi proses PBM untuk membantu pengelola memantau kegiatan perkuliahan dan evaluasi PBM dari mahasiswa. Informasi ini dapat diakses di (http://www.evaluasi.undip.ac.id).
  3. Sistem Informasi untuk mengelola data perpustakaan baik data anggota, buku, jurnal, pra tesis, maupun tesis. Sistem ini juga digunakan untuk memudahkan sivitas akademik di dalam proses pencarian katalog buku, jurnal, tugas akhir, tesis. Sistem informasi ini bisa diakses di http://digilib.pwk.undip.ac.id/index.
  4. Undip e-journal untuk membuka akses bagi sivitas akademika di dalam mencari berbagai referensi di dalam melakukan penelitian. Undip e-journal ini dapat diakses di http://ejournal.undip.ac.id/, http://ejournal-s1.undip.ac.id/
  5. Sistem Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) untuk menginventarisasi dan mengelola (pengadaan, penggunaan dan penghapusan) barang dan asset milik negara secara lebih akuntabel.
  6. Sistem penganggaran berbasis online pada tingkat universitas yang dapat diakses secara periodik oleh pengelola dalam rangka penyusunan rencana anggaran biaya (RBA) maupun pelaporan penyerapan anggaran dengan periode 3 bulanan.
  7. Sistem kuliah online juga sudah dapat dimanfaatkan oleh staf pengajar untuk mendiseminasi bahan ajar, tugas-tugas perkuliahan dan materi kuliah lainnya. Sistem ini dapat diakses melalui alamat http://kulon.undip.ac.id/.
  8. Sistem informasi kepegawaian yang berisi profil dosen. Sistem ini dikembangkan pada tingkat universitas dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh staf dosen sesuai hak yang dimiliki sebagai user. Keberadaan sistem ini dapat membantu dalam melakukan pemantauan terhadap para dosen. Saat ini sistem ini masih bersifat lokal dan dapat diakses pada alamat http://siakad.undip.ac.id/sik/.
  9. Jejaring Alumni juga sudah difasilitas oleh program studi dengan membangun situs web yang memungkinkan para alumni dapat selalu berhubungan dengan program studi sekaligus sebagai database alumni yang dapat digunakan sebagai media pelacakan alumni. Situs ini menempel pada situs web Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota dengan alamat https://www.facebook.com/groups/472172846167210/

Dari sisi keberlanjutan pembiayaan, dana operasional dan pengelolaan Jurusan PWK terdiri dari tiga sumber yakni dana yang berasal dari mahasiswa (SPP, SPI, SPMP dan PRKP), Pemerintah atau Diknas (Gaji dan DIPA) dan sumber dana lain (Penelitian dan PKM). Sebagai Universitas yang berstatus BLU, Jurusan PWK melalui Jurusan PWK memiliki kewenangan yang penuh di dalam menyusun Rencana Bisnis Anggaran (RBA). Meskipun demikian penggunaan anggaran dilakukan secara cermat mengacu kepada Renstra yang telah disusun dan diaudit secara berkala oleh Fakultas Tenik dan Auditor Internal Undip.

Ditinjau dari sisi kegiatan pengembangan keilmuan dan pengabdian kepada masyarakat, Jurusan PWK mengelompokkan dosen ke dalam 4 empat kelompok keminatan penelitian (research groups) atau laboratorium (research laboratories) yaitu: Lab. Pengembangan Kota, Lab. Perancangan Fisik Ruang Kota dan Wilayah, Lab. Geomatik dan Komputasi Perencanaan dan Lab. Pengembangan Wilayah dan Manajemen Lingkungan. Disamping berfungsi untuk melakukan agenda (raodmap) penelitian di dalam laboratorium itu sendiri, pada setiap persiapan perkuliahan Metodologi Penelitian, Laboratorium menjadi media untuk mempertemukan keminatan penelitian dosen dengan mahasiswa, sehingga penelitian dosen dan mahasiswa dapat berjalan dengan baik dan mempercepat proses penyelesaian Tugas Akhir mahasiswa.

Tiga tahun terakhir (2009-2011) berbagai kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat telah dilakukan baik dengan dukungan dana dalam negeri maupun luar negeri. Dari data kegiatan penelitian dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan keminatan penelitian yang sangat berarti dimana bila pada tahun 2009 telah ada 10 dosen yang melakukan penelitian dan di tahun 2010-2011 telah mengalami peningkatan 100% yaitu mencapai 21 penelitian. Penelitan ini juga berimplikasi kepada meningkatnya penelitian dosen dan mahasiswa tiga tahun terakhir yaitu mencapai 81 orang dari 312 mahasiswa yang melakukan tugas akhir.

Hasil-hasil penelitian tersebut telah dipublikasi diberbagai jurnal dan proceeding seminar baik di dalam maupun luar negeri. Satu hal yang patut dibanggakan adalah Jurusan PWK Undip telah memiliki Jurnal Terakreditasi Nasional dalam Bidang Perencanaan di Indonesia (SK DIKTI, No: 64a/DIKTI/Kep/2010) yaitu Jurnal TATALOKA (http://www.indo-planning-journals.com/index.php/tataloka). Saat ini (2012) dengan diberlakukannya kewajiban mempublikasikan hasil-hasil tugas akhir mahasiswa dalam bentuk artikel ilmiah, maka Jurusan PWK telah mengembangkan Jurnal Teknik PWK yang saat ini dijuga dapat diakses secara online di http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/pwk/index.

Dalam bidang Pengabdian Kepada Masyarakat, Jurusan PWK juga memiliki laboratorium lapangan (field laboratory) dimana dosen PWK Undip dapat melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Program pengabdian kepada masyarakat berlangsung secara berkelanjutan dengan bekerjasama dengan pemerintah kota dan desa. Laboratorium saat ini juga cukup aktif melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga international untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat.