Dosen DPWK Undip Prof. Dr. Ir. Nany Yuliastuti, MSP. Dikukuhkan Sebagai Guru Besar

DPWK: Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Undip tambah satu Guru Besar yaitu Prof. Dr. Ir. Nany Yuliastuti, MSP yang dikukuhkan pada 28 Nobember 2017. Pengukuhan tersebut dipimpin Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama dengan dihadiri Ketua Senat Prof. Dr. Sunarso dan para guru besar aktif.

”Gelar guru besar merupakan jabatan akademik tertinggi dalam dunia pendidikan. Namun, sebenarnya mahkota dari jabatan guru besar adalah kemampuan untuk mencetak banyak karya yang baik demi peradaban dan kemanusiaan,”ungkap Rektor Yos Johan.

Sebagai seorang ilmuwan, Prof. Dr. Ir. Nany Yuliastuti, MSP telah berusaha menemukan berbagai inovasi. Terutama berkaitan dengan perencanaan perumahan menggunakan pendekatan integrasi sosio spasial. Istilah ini lebih diartikan kondisi menciptakan lingkungan yang nyaman bagi setiap orang untuk memainkan peran di kompleks perumahan.

Keilmuan yang dimiliki oleh Prof. Dr. Ir. Nany Yuliastuti, MSP, diharapkan bisa ditularkan pada mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota serta memberikan solusi atas berbagai persoalan yang mengemuka saat ini.

Rektor sekaligus mengingatkan kondisi dunia yang memasuki babak revolusi industri berbasis digital. Revolusi ini ditandai keberadaan pemanfaatan teknologi robotik, sistem data digital, hingga konsep kecerdasan buatan. ”Ketika ditanya tentang kehadiran revolusi industri keempat ini, maka jawabanya Undip akan berperan membantu menyiapkan sumber daya insani yang mumpuni. Tak kurang kepakaran para guru besar juga sangat strategis menyiapkan mutu lulusan yang kompeten,”imbuh dia.

Selain itu, kampus harus beradaptasi dengan perkembangan zaman. Langkahnya yakni melalui menggiatkan riset atau kajian keilmuan yang bermuara pada inovasi. Akhirnya inovasi menjadi alat untuk beradaptasi terhadap perubahan di berbagai bidang. Sumber: Suara Merdeka