Konferensi Internasional Geoplanning Kedua dilaksanakan di Hotel Paragon, Surakarta pada tanggal 9 Agustus 2017

Laboratorium Geomatika, Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, telah menyelenggarakan dengan lancar dan sukses Konferensi Internasional Geoplanning Kedua dilaksanakan di Hotel Paragon, Surakarta pada (09/08).

Konferensi dibuka oleh Prof. Dr.-rer.nat Ir. Imam Buchori, dosen DPWK, sekaligus editor in chief Geoplanning Journal.

Dalam konferensi ini, beberapa pakar memberikan paparannya, yaitu:
1. Yan Liu, Senior Lecturer, dari School of Geography, Planning and Environmental Management, University of Queensland, Australia, dengan judul “Modelling human-environment interactions for sustainable coastal city development.”
2. Ahmad Nazri bin M. Ludin, Professor in Spatial Modelling, dari University of Technology Malaysia, dengan judul: “4th Industrial Revolution to Geospatial Planning.” 
3. Agustan, dari Indonesian Society for Remote Sensing, Indonesia, dengan judul: “Geomatics Application in Disaster
Modeling.”

Konferensi dihadiri oleh 53 orang pemapar artikel yang berhasil lolos melewati serangkaian evaluasi yang ketat. Para pemapar tersebut berasal dari berbagai negara, dengan beragam judul artikel. Artikel-artikel mereka akan diterbitkan dalam sebuah proseding yang terindeks Scopus.

Pada hari kedua, sebagian peserta konfenrensi mengikuti program tour wisata ke beberapa obyek wisata di sekitar Kota Surakarta, seperti Tour Lava Merapi, dan Kraton Yogyakarta.

Beberapa peserta konferensi mengikuti Laba Tour Merapi.