Joint Studio Diponegoro University, Indonesia – GadjahMada University, Indonesia – University of Radboud, Netherland

DPWK UNDIP || Kegiatan berskala internasional bertema “Urban Regeneration in Vulnerable Coastal Area” berlangsung antara tanggal 31 Maret sampai 1 April 2017 di Program Studi Master Perencanaan Wilayah dan Kota (MPWK), DepartemenPerencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Diponegoro. Kegiatan ini merupakan serangkaian dari program joint studio yang melibatkan 6 mahasiswa MPWK Undip, 6 mahasiwa MPKD Universitas Gadjah Mada, dan 17 mahasiswa University of Radboud, Belanda. Pelaksanaan kegiatan didampingi oleh beberapa dosen yaitu Dr. Wiwandari Handayani, ST., MT., MPS- MPWK Undip, Dr. Fadjar Hari Mardiansyah, ST., MDP- MPWK Undip, Dr.-Ing Wisnu Pradoto, ST., MT- MPWK Undip, Prof. Ir. Bakti Setiawan, MA., Ph.D- MPKD UGM, dan Deva Fosterharoldas, ST., M.Sc., Ph.D-MPKD UGM.

Rangkaian kegiatan yang disponsori World Class University (WCU) Programme Universitas Diponegoro diawali dengan pembukaan oleh Direktur Bagian Riset dan Kerjasama Undip Dr. Ir. Bambang Purawanggon. dan diikuti dengan kunjugan serta survei di Kelurahan Kemijen dan Tambak lorok (27-28 Maret 2017), dilanjutkan dengan kuliah umum dan diskusi bersama instansi pemerintah yaitu Bappeda Kota Semarang dan Manajemen Polder Banger pada hari ke-3, serta acara workshop, presentasi studio dan diakhiri dengan penutupan, dan kunjungan lapangan di Kota Semarang yang meliputi Kota Tua, Waduk Jatibarang, Sam Pho Kong, dan Sistem Peringatan Dini Banjir. Narasumber yang terlibat dalam kegiatan joint studio ini, yaitu BAPPEDA Kota Semarang, Manajemen Polder Banger, Prof Dr. E. van der Krabben dan Dr. Ir. D. A. A. Samsura dari Radboud University, Belanda, Dr. Ir. Suharyanto, M.Sc dari MTS Undip, dan Dr. Fadjar Hari Mardiansjah, ST, MDP (Moderator) dari MPWK Undip. Pelaksanaan kegiatan tidak hanya di lingkungan kampus MPWK Undip, namun peserta diajak untuk mengunjungi wilayah pesisir Kota Semarang dan terlibat langsung dengan masyarakat setempat, selain itu juga dilakukan kunjungan instansi pemerintah Kota Semarang yaitu kantor Bappeda.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa MPWK Undip, mahasiswa MPKD UGM bersama dengan mahasiswa dari University of Radboud untuk menyelesaikan persoalan-persoalan nyata pembangunan wilayah dan kota khususnya untuk melakukan kajian regenerasi perkotaan di kawasan kurang berkembang dan juga agar mempererat hubungan kerjasama antara ketiga universitas